Langsung ke konten utama

Troubleshooting Aplikasi

Dalam operasional sehari-hari sebuah Aplikasi digunakan dengan normal tanpa ada kendala. Akan tetapi karena banyaknya faktor pendukung dari sebuah aplikasi mau tidak mau terkadang pendukung tersebut mengalami kendala yang mengakibatkan sebuah Aplikasi tidak bisa berjalan dengan semestinya.

KOMPONEN PENDUKUNG

Beberaapa pendukung dalam berjalannya sebuah aplikasi tersebut antara lain adalah

  1. Server 
  2. Database
  3. Jaringan

 

Jaringan Komputer

Masing-masing dari ketiga komponen tersebut juga memiliki komponen yang jumlahnya lumayan banyak

JARINGAN KOMPUTER

Di sisi jaringan, tentunya pembagian globalnya adalah jaringan yang di internal server (infrastruktur internal) dan juga jaringan eksternal (jaringan dari pengguna sampai ke server)

Untuk jaringan internal biasanya perlu penanganan internal dan harus dikoordinasikan oleh vendor aplikasi.

Sementara untuk jaringan eksternal ada beberapa faktor juga, seperti problem pada provider internet, apakah itu pihak penyedia jaringan internet (seperti Telkom, Biznet, GMedia, MyRepublik, MNC, Telkomsel, Indosat, XL dan lain sebagainya).

Jadi jika layanan aplikasi tidak bisa diakses, yang perlu diketahui adalah apakah masalah ada di bagian mana?

TIPS

Bagi user/pengguna jika tidak bisa akses ke sebuah aplikasi atau situs atau web, bisa dicoba dengan mengakses dengan menggunakan jaringan internet yang lain

Jika saat ini menggunakan wifi dan tidak bisa akses, coba pindah koneksi menggunakan internet simcard, atau yang berbeda dari sebelumnya.

Karena masing-masing provider bisa jadi sedang melakukan pemeliharaan jaringan atau sedang terjadi gangguan.

Kita tidak tahu apa yang terjadi sampai kita perlu bertanya.

TIPS YANG LAIN

Jika pengguna wifi seperti Telkom atau Biznet yang biasanya dipinjami perangkat modem router, maka bisa dicoba dengan melakukan reset pada modem router tersebut yaitu dengan cara mencabut power atau mematikan modem tersebut. Tunggu sekitar 5 menit dan bisa dinyalakan kembali. 

Proses mematikan modem ini akan mereset IP yang digunakan oleh modem tersebut sehingga koneksinya akan berganti alamat IP. 

JADI

Jadi jika sebuah website atau aplikasi tidak bisa diakses, jangan panik dulu, coba dianalisa dan dilakukan tips seperti di atas. Jika perlu bisa berkoordinasi dengan pihak cs provider internet, misalnya dengan bertanya: kenapa saya tidak bisa akses ke web alamat ini?

Semoga bermanfaat

Postingan populer dari blog ini

INFORMASI TAGIHAN & PEMBAYARAN

Setiap mahasiswa bisa melakukan pengecekan terhadap tagihan dan pembayaran.  Informasi ini berguna saat mahasiswa hendak melakukan pembayaran kuliah ataupun untuk mengecek nomor rekening VA apakah sudah benar atau jika yang bersangkutan lupa . Informasi berdasarkan periode Tagihan periode semester gasal/genap yang akan didapatkan antara lain: Informasi Nomor VA Tagihan:  Tunggakan Tagihan BO Tagihan Semester Tagihan Administrasi (VA & lainnya) Pembayaran: Tunggakan Tagihan BO Tagihan Semester Tagihan Administrasi (VA & lainnya) Laporan Pembayaran Biaya Kuliah: Rincian pembayaran Tampilan seperti gambar di bawah:

Cetak KRS Mahasiswa

Cetak KRS mahasiswa digunakan untuk mencetak kartu studi mahasiswa melalui link SIAKAD yang sudah diupload oleh BAAK. Sebelum menampilkan tampilan layar cetak KRS berikut adalah langkah-langkah untuk menampilan daftar KRS mahasiswa dan cetak kartu studi mahasiswa:

SISTEM INFORMASI AKADEMIK ---- BAAK

Menu : Sistem Informasi Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Role : Biro Administrasi dan Kemahasiswaan (BAAK) Keterangan : digunakan untuk Biro Administrasi dan Kemahasiswaan (BAAK) dalam mengelola sistem informasi akademik Pada Aplikasi SIAKAD ini terdapat menu-menu untuk memudahkan BAAK dalam mengelola hasil dari proses kegiatan hasil pembelajaran.