Menu : Sistem Informasi Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Role : Biro Administrasi dan Kemahasiswaan (BAAK)
Keterangan : digunakan untuk Biro Administrasi dan Kemahasiswaan (BAAK) dalam mengelola sistem informasi akademik
Pada Aplikasi SIAKAD ini terdapat menu-menu untuk memudahkan BAAK dalam mengelola hasil dari proses kegiatan hasil pembelajaran.
Beberapa menu dan apa saja yang bisa dilakukan BAAK bisa diikuti di halaman ini.
Adapun cara masuk yaitu dengan memasukkan user dan password
Masuk dengan mengisikan
-Login
-Password
Account Sistem Akademik (Login Form)
Ada beberapa menu yaitu Beranda, Master, Administrasi, Laporan, dan Informasi.
Masing-masing menu juga mempunyai komponen sub menu diantaranya sebagai berikut:
1. Beranda
2. Master
---Data Referensi Utama
1. Beranda
2. Master
---Data Referensi Utama
--Jurusan
--Program Studi
--Kurikulum
--Mata Kuliah
--Konversi Mata Kuliah
--Mata Kuliah Bersyarat
---Data Referensi Pendukung
--Provinsi
--Kabupaten/Kota Madya
--Kampung/Lokasi
--Ruang Kuliah
--Jam Kuliah
--Aspek kompetensi Dosen
---Pegawai dan Dosen
---Mahasiswa
---Periode/Semester
3. Administrasi
---Setting Periode
--Setting Mata Kuliah
--Setting Dosen Mata kuliah
--Setting Biaya Kuliah
--Setting Verifikasi
--Status Mahasiswa
---Setting Jadwal
--Jadwal Kuliah Berdasarkan Ruangan
--Jadwal Kuliah Berdasarkan Mata Kuliah
---Penerimaan Mahasiswa Baru
--Pendaftaran Mahasiswa Baru
---Pembayaran Kuliah
---Kartu Rencana Studi
--Input/Revisi KRS Mahasiswa
--Verfikasi KRS Mahasiswa
---Unggah RPP, RPS, Kontrak Kuliah
---Perkuliahan
--Unggah Materi Perkuliahan
--Absensi Perkuliahan
---Penilaian
--Setting Bobot Nilai
--Penilaian Per Mata Kuliah
--Penilaian KKP
--Penilaian KKL
---Tahap Akhir Program
--Pendataan Skripsi
--Penilaian/Sidang Skripsi
4. Laporan
---Cetak Dokumen
--KRS Mahasiswa (Massal)
--Kartu Absensi
--Kartu UTS (Massal)
--Kartu UAS (Massal)
--Daftar Hadir Ujian
---Laporan Keuangan
--Pembayaran Kuliah
---Laporan Akademik
--Laporan Kehadiran Perkuliahan
--KHS Mahasiswa
---Data RPP, RPS, Kontrak Kuliah, dan Materi Kuliah
---Data Administratif (DIKTI)
--Biodata Mahasiswa
--Data Kelas Kuliah
--Data Kelas Dosen Ajar
--Data Aktivitas Kuliah Mahasiswa
--Data KRS Mahasiswa
--Data Nilai Mahasiswa
---Monitoring
--Progress KRS Mahasiswa
--Progress Input Data Oleh Dosen
--Laporan Kepuasan Mahasiswa
5. Informasi
---Informasi/Pengumuman Terbaru
---Dokumen Panduan
Berikut ini tampilan screenshot dan penjelasan gambar sistem informasi akademik role Biro Administrasi dan Kemahasiswaan (BAAK):
1. Beranda
Beranda Sistem Informasi Akademik
---- Data Referensi Utama
- Master Jurusan yaitu digunakan untuk mendata jurusan yang ada di kampus atau fakultas dan bisa di set sebagai aktif atau non aktif.
Master Jurusan
- Master Program Studi yaitu digunakan untuk mendata fakultas yang ada di kampus dan bisa di set sebagai aktif atau non aktif.
BAAK dapat menambah ataupun merubah data jurusan. Penambahan data digunakan untuk menambah program studi yang belum ada. Untuk menambah data gunakan Button New.
Master Program Studi
Button New (penambahan data) Master Program Studi
Form Penambahan Data Master Program Studi
Form ini untuk melengkapi data:
- Kode Baru Prodi
- Nama Baru Prodi
- Jurusan
- Jenjang
- Status
- Kaprodi dan
- Keterangan.
Pengguna juga dapat mengoperasikan data program studi dengan merubah atau mengedit data tersebut melalui aplikasi SIAKAD. Bagaimana caranya?
Cara pengguna ingin merubah data atau mengedit klik detail dan dapat dilihat gambah dibawah ini.
Button Detail (mengedit data) Master Program Studi
Form Detail (mengedit data) Master Program Studi
- Master Kurikulum: digunakan untuk mendata kurikulum yang digunakan saat ini maupun kurikulum yang sudah pernah digunakan. Dalam satu periode berjalan hanya bisa menggunkan satu kurikulum yang aktif. Kurikulum ini digunakan untuk menentukan mata kuliah apa saja yang ditawarkan pada program studi dalam satu rentang waktu tertentu. Perubahan kurikulum biasanya berdampak pada perubahan/penambahan/penghilangan mata kuliah dan sks.
Master Kurikulum
Apabila kampus memberikan kurikulum terbaru BAAK dapat menambahkannya melalui aplikasi SIAKAD. Gambar dibawah ini menunjukkan Button New dan Button Detail.
Button New digunakan menambahkan data kurikulum.
Button Detail digunakan untuk mengubah data atau mengedit data kurikulum apabila ada perubahan data yang harus diubah.
Button New (menambahkan data) Master Kurikulum
Form Penambahan Master Kurikulum
Button Detail (mengedit data) Master Kurikulum
Form Detail Master Kurikulum
- Mata Kuliah yaitu digunakan untuk mendata mata kuliah beserta Kode Mata Kuliah, Kurikulum, Nama Mata Kuliah, Jumlah SKS, Semester yang ditawarkan, ada atau tidak adanya praktikum dan status aktif atau non aktif.
Penambahan mata kuliah baru sama dengan penambahan data jurusan. Penambahan/perubahan mata kuliah biasanya disertai dengan kurikulum.
Master Mata Kuliah
Apabila
kampus memberikan mata kuliah terbaru BAAK dapat menambahkannya melalui
aplikasi SIAKAD. Gambar dibawah ini menunjukkan Button New dan Button
Detail.
Button New digunakan menambahkan data mata kuliah.
Button Detail digunakan untuk mengubah data atau mengedit data mata kuliah apabila ada perubahan data yang harus diubah.
Gambar New (menambahkan data) Master Mata Kuliah
Form Penambahan Data Master Mata Kuliah
Gambar Button Detail Master Mata Kuliah
Form Edit Master Mata Kuliah
- Mata Kuliah Bersyarat yaitu data mata kuliah yang menjelaskan persyaratan dari suatu mata kuliah. Contohnya Mata Kuliah Pengantar Statistik Lanjutan hanya bisa diambil apabila sudah mengambil Mata Kuliah Pengantar Statistik.
Master Kuliah Bersyarat
Button New digunakan untuk menambahkan mata kuliah bersyarat apabila pihak kampus membutuhkannya.
Button Detail digunakan untuk mengubah atau mengedit mata kuliah bersyarat jika diperlukannya.
Button New (menambahkan data) Master Mata Kuliah Bersyarat
Form Penambahan Data Master Mata Kuliah Bersyarat
Button Detail (pengeditan data) Master Mata Kuliah Bersyarat
Form Pengeditan Data Master Mata Kuliah Bersyarat
Gambar New (menambahkan data) Jam Kuliah
Button Detail Detail Master Aspek Kompetensi
Form Detail (mengupdate data) Master Aspek Kompetensi
Form New (menambahkan data) Master Aspek Kompetensi
---- Data Referensi Pendukung
- Kampus/lokasi digunakan untuk menambahkan lokasi kampus sekaligus untuk mengaktifkan/menonaktifkan sebuah kampus apabila sudah tidak digunakan lagi.
Gambar Kampus/Lokasi
Gambar Detail Master Kampus/Lokasi
Form Detail Kampus/Lokasi
Button New (menambahkan data) Kampus/Lokasi
- Master Ruang Kuliah
yaitu data ruang kuliah yang ada disebuah kampus. Ruang kuliah ini digunakan untuk proses belajar mengajar yang akan disetting jadwal yang ada di Menu Administrasi > Setting Jadwal > Jadwal Berdasarkan Ruangan. Contoh pengisian pada form menambahkan data baru Master Ruang Kuliah adalah Kode, Nama, Kampus, Status (aktif atau tidak aktif). Misal nama ruang B1.2 artinya Gedung B Lantai 2 Ruang 1, ruang B2.4 artinya Gedung B Lantai 2 Ruang 4.
Gambar Master Ruang Kuliah
Gambar New (menambahkan data) Ruang Kuliah
Form New (menambahkan data) Ruang Kuliah
Gambar Detail (mengupdate data) Ruang Kuliah
Form Detail (mengupdate data) Ruang Kuliah
- Master Jam Kuliah
yaitu data jam kuliah yang ada di kampus yang terdiri dari slot waktu dalam satuan menit. Contoh pembagian kelompoknya adalah kelas pagi, siang dan malam. Untuk kelas pagi dimulai dari jam 07.00 sampai 15.40 dengan masing-masing satuan 50 menit. Lama satuan waktu dan jumlah jam kuliah disesuaikan dengan masing-masing kebijakan kampus.
Gambar Master Jam Kuliah
- Master Aspen Kompetensi
digunakan untuk menyusun kuesioner yang nantinya diisi oleh mahasiswa. Kuesioner ini meliputi empat kompetensi yaitu Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial.Button New digunakan untuk menambahkan mata kuliah bersyarat apabila pihak kampus membutuhkannya.Button Detail digunakan untuk mengubah atau mengedit mata kuliah bersyarat jika diperlukannya.
Master Aspek Kompetensi
---- Master Pegawai dan Dosen
yaitu daftar dosen dan pegawai yang ada di kampus. Informasinya meliputi data utama, data kepegawaian, dan data tambahan.
- Data Utama antara lain:
-- nama lengkap
-- gelar
-- pendidikan terakhir
-- lulus ke
-- dll
- Data Kepegawaian antara lain:
-- jabatan fungsional
-- jabatan struktural
-- kode dosen
-- NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) ialah dosen dan pegawai tetap
-- NIDK (Nomor Induk Dosen Khusus) ialah dosen dan pegawai tidak tetap
- Data Tambahan antara lain: untuk mengelola user login di aplikasi SIAKAD dan juga bisa untuk melakukan ganti password dan menonaktifkan dan mengaktifkan status dosen dan pegawai.
Master dosen dan pegawai bisa menambahkan gunakan Button New.
Master dosen dan pegawai bisa mengubah gunakan Button Detail.
Master Pegawai dan Dosen
Button New (menambahkan data) Master Dosen dan Pegawai
Form Button New (penambahan data) Pegawai & Dosen
---- Mahasiswa
Master mahasiswa yaitu untuk mengelola data mahasiswa di kampus tersebut. Penambahan mahasiswa bisa dilakukan dari menu PMB (Pendaftaran Mahasiswa Baru) jika model PMB diaktifkan. Apabila mahasiswa sudah lulus maka data mahasiswa akan masuk modul alumni.
Untuk menambah mahasiswa baru gunakan button New dan untuk edit data atau merubah data mahasiswa gunakan button detail.
Informasi detail mahasiswa terdiri dari Data Akademik, Data Pribadi, Data Ortu/Wali, Kebutuhan Khusus, dan Data Akun.
Data Akademik diantaranya
- jenis pendaftaran
- jalur pendaftaran
- periode masuk
- pembiayaan awal
- program studi
- dll
Data Pribadi diantaranya
- tempat lahir
- agama
- NISN
- email
- penerima KPS
- nomor KPS
Data Ortu/Wali dianataranya
- data ayah (nama, tanggal lahir, pendidikan, penghasilan, pekerjaan)
- data ibu (nama, tanggal lahir, pendidikan, penghasilan, pekerjaan)
- data wali (nama, tanggal lahir, pendidikan, penghasilan, pekerjaan)
Kebutuhan Khusus
- tuna netra
- tuna rungu
- tuna laras
- tuna wicara
- dll
Data akun untuk mengelola user login di aplikasi SIAKAD dan juga bisa untuk melakukan ganti password dan menonaktifkan atau mengaktifkan status dosen.
Master Mahasiswa
Master mahasiswa yaitu untuk mengelola data mahasiswa di kampus tersebut. Penambahan mahasiswa bisa dilakukan dari menu PMB (Pendaftaran Mahasiswa Baru) jika model PMB diaktifkan. Apabila mahasiswa sudah lulus maka data mahasiswa akan masuk modul alumni.
Untuk menambah mahasiswa baru gunakan button New dan untuk edit data atau merubah data mahasiswa gunakan button detail.
Informasi detail mahasiswa terdiri dari Data Akademik, Data Pribadi, Data Ortu/Wali, Kebutuhan Khusus, dan Data Akun.
Data Akademik diantaranya
- jenis pendaftaran
- jalur pendaftaran
- periode masuk
- pembiayaan awal
- program studi
- dll
Data Pribadi diantaranya
- tempat lahir
- agama
- NISN
- penerima KPS
- nomor KPS
Data Ortu/Wali dianataranya
- data ayah (nama, tanggal lahir, pendidikan, penghasilan, pekerjaan)
- data ibu (nama, tanggal lahir, pendidikan, penghasilan, pekerjaan)
- data wali (nama, tanggal lahir, pendidikan, penghasilan, pekerjaan)
Kebutuhan Khusus
- tuna netra
- tuna rungu
- tuna laras
- tuna wicara
- dll
Data akun untuk mengelola user login di aplikasi SIAKAD dan juga bisa untuk melakukan ganti password dan menonaktifkan atau mengaktifkan status dosen.
Master Mahasiswa
Button New (menambahkan data) Mahasiswa
Form Data Pribadi (menambahkan data baru) Mahasiswa
Form Data Ortu/Wali (menambahkan data baru) Mahasiswa
Form Kebutuhan Khusus (menambahkan data baru) Mahasiswa
Button Detail (mengupdate data) Mahasiswa
Form Detail (mengupdate data) Mahasiswa
--- Master Periode/Semester
yaitu digunakan untuk acuan dari periode yang sedang berlangsung. Didalam sistem periode diatur antara lain tahun ajaran, semester gasal/genap, rentang periode dari kapan sampai kapan, rentang tanggal diijinkan KRS, rentang tanggal transaksi akademik, rentang tanggal yudisium, kepala panitia ujian, status aktif atau tidak aktif.
Yang dimaksud rentang tanggal KRS yaitu KRS hanya bisa dilakukan untuk rentang waktu dari kapan sampai kapan.
- Tanggal transaksi akademik bisa dilakukan dari kapan sampai kapan.
- Tanggal yudisium yaitu batas waktu untuk mahasiswa bisa melihat nilai.
- Kepala panitia ujian akan tampil di cetak kartu ujian.
- Status aktif dan tidak aktif digunakan untuk menandai bahwa periode tersebut sedang aktif atau tidak aktif. Hanya satu periode yang bisa aktif dalam satu saat.
Gambar Periode/Semester
3. Administrasi
--- Setting Periode
- Setting mata kuliah
BAAK menyediakan untuk penambahan data baru atau tab new dan mengupdate data jika dibutuhkan atau tab detail.
Gambar Setting Mata Kuliah
- Setting Dosen Mata Kuliah
Setting Dosen Mata Kuliah digunakan untuk memplotting mata kuliah yang diajarkan oleh mahasiswa.
Sebelum pengisian KRS dosen terlebih dahulu menyetting sesuai dengan pengajaran mata kuliah melalui link SIAKAD.
Data setting tersebut juga digunakan untuk menambahkan data baru tab new dan mengupdate data tab detail.
Gambar Setting Dosen Mata Kuliah
Form Detail (mengupdate data) Setting Dosen Mata Kuliah
- Setting Biaya Kuliah
digunakan untuk memberikan informasi mahasiswa mengenai penagihan biaya kampus yang akan diinput melalui link SIAKAD.
Tiap pergantian periode ajaran BAAK menginput setting biaya kuliah, maka disediakan tab new dan tab detail untuk menambah data baru penagihan biaya kampus dan updata data terbaru.
Gambar Data Setting Biaya
Form Detail Setting Biaya Kuliah
Gambar Update Data Setting Verifikasi
- Setting Verifikasi
Setting Verikfikasi adalah digunakan untuk acuan verifikasi dari pembayaran yang dilakukan oleh mahasiswa.
Cara untuk memberikan verifikasi adalah klik button Edit. Setelah itu beri tanda ceklis pada masing-masing verikifikasi yaitu verikifikasi KRS, verifikasi UTS, dan verifikasi UAS.
Gambar Data Setting Verifikasi
- Status Mahasiswa
Status mahasiswa adalah digunakan untuk melihat informasi mahasiswa mengenai status reguler atau transfer. Arti transfer disini yaitu mahasiswa melakukan transfer jurusan program studi. Misalnya mahasiswa sebelumnya aktif di program studi S1 Akuntansi kemudian mahasiswa tersebut melakukan transfer atau pemindahan menjadi S1 Manajemen.
Apabila terjadi perubahan data, BAAK dapat mengupdate atau mengubah data tersebut melalui tab detail.
Gambar Data Status Mahasiswa
--- Setting Jadwal
- Jadwal Kuliah Berdasarkan Ruangan
Langkah-langkah cara menginput jadwal kuliah berdasarkan ruangan sebagai berikut:
- pilih ruangan yang akan diisi jadwal kuliah
- pilih kelas pagi atau sore
- pilih hari dan jam kuliah
- klik detail
- isi form jadwal kuliah berdasarkan ruangan
Gambar Data Jadwal Kuliah Berdasarkan Ruangan
- Jadwal Kuliah Berdasarkan Mata Kuliah
Langkah-langkah cara menginput jadwal kuliah sebagai berikut:
- pilih mata kuliah, kelas, atau dosen
- klik detail
- isi form setting jadwal kuliah berdasarkan mata kuliah
- pilih hari dan jam kuliah
Gambar Data Jadwal Mata Kuliah Berdasarkan Mata Kuliah
--- Pendaftaran Mahasiswa Baru
Pendaftaran mahasiswa baru ialah isi biodata mahasiswa baru yang telah lolos mengikuti pendaftaran kampus
Menu pendaftaran menyediakan untuk penambahan data baru (tab new) dan update data yang sudah terinput (tab detail).
Penambahan data baru mahasiswa dipastikan untuk mengisi form calon mahasiswa baru secara lengkap, antara lain:
- data calon mahasiswa
-- Nama Lengkap
-- Jenis Kelamin
-- Tempat Lahir
-- Asal Sekolah
-- dll
- data orang tua/wali mahasiswa
-- Nama Ayah
-- Nama Ibu
-- Nama Wali
-- Alamat Lengkap
-- Desa
-- dll
Gambar Data Pendaftaran Mahasiswa Baru
Gambar New (menambahkan data baru) Pendaftaran Mahasiswa Baru
Form Data Calon Mahasiswa baru
Gambar Detail (mengupdate data) Pendaftaran Mahasiswa Baru
--- Pembayaran Kuliah
Menu administrasi pembayaran kuliah ialah isi data tagihan jatuh tempo pembayaran biaya kuliah. Menu tersebut menyediakan penambahan data baru pembayaran kuliah (tab new) dan update data sudah terinput (tab detail).
Tab detail juga digunakan untuk melihat rincian lengkap pembayaran kuliah yaitu biaya operasional dan melakukan update data setiap 1 periode.
Melakukan penambahan data baru isi form pembayaran kuliah secara lengkap, antara lain:
- Nomor Induk Mahasiswa
- Nama Mahasiswa
- Program Studi
- Semester
- Tanggal Bayar
- Status Mahasiswa
Gambar Data Pembayaran Kuliah
Gambar New (penambahan data baru) Pembayaran Kuliah
Gambar Detail (mengupdate data) Pembayaran Kuliah
--- Kartu Rencana Studi (KRS)
- Input/Revisi KRS Mahasiswa
Input/Revisi KRS Mahasiswa digunakan untuk menginput/merevisi KRS mahasiswa apabila terjadi perubahan data antara lain total SKS yang diambil oleh mahasiswa. BAAK dapat mengecek atau melihat detail data KRS mahasiswa untuk mengupdate data dan mengubah data yaitu tab detail.
Gambar Data Input/Revisi KRS Mahasiswa
Cara Penambahan KRS sebagai berikut:
- Pilih salah satu nama mahasiswa yang ingin diinput
- Klik button detail
- Muncul form KRS Mahasiswa yang berisi data daftar mata kuliah mahasiswa
- Klik button edit
- Pilih salah satu mata kuliah yang ingin diambil di semester berikutnya
- Klik tombol navigasi arah ke kanan untuk penambahan KRS
- Klik save, data berhasil tersimpan
Gambar Tahap 1
Gambar Tahap 2
Gambar Tahap 3
Gambar Tahap 4
Cara cancel atau delete KRS sebagai berikut:
- Pilih salah satu nama mahasiswa yang akan diinput
- Klik detail
- Form KRS Mahasiswa
- Klik edit
- Pilih dan klik mata kuliah diambil
- Klik navigasi arah kiri untuk mengcancel KRS
- Klik save, data berhasil tersimpan
Gambar Tahap 1
Gambar Tahap 2
- Verifikasi KRS Mahasiswa
Verifikasi KRS Mahasiswa digunakan untuk acuan verifikasi dari jadwal mata kuliah yang sudah dipilih oleh mahasiswa.
Cara memberikan verifikasi KRS mahasiswa sebagai berikut ini:
- Pilih salah satu dan klik mahasiswa
- Klik detail
- Klik Verify
- Berhasil verifikasi KRS mahasiswa
--- Unggah RPP, RPS, dan Kontrak Kuliah
Data ini digunakan untuk mengupload RPP, RPS, dan Kotrak Kuliah yang nantinya secara otomatis akan mendokumentasi dalam sistem SIAKAD. Dokumen yang bisa upload dalam format PDF maupun Word atau docx. Masing-masing RPP, RPS, dan Kotrak Kuliah satu file yang di upload dosen yang bersangkutan.
Data ini digunakan untuk mengupload RPP, RPS, dan Kotrak Kuliah yang nantinya secara otomatis akan mendokumentasi dalam sistem SIAKAD. Dokumen yang bisa upload dalam format PDF maupun Word atau docx. Masing-masing RPP, RPS, dan Kotrak Kuliah satu file yang di upload dosen yang bersangkutan.
Data Unggah RPP, RPS, dan Kontrak Kuliah
Gambar dibawah ini menunjukan cara menginput atau mengupload dokumen RPP, RPS dan Kontrak Kuliah.
--- Perkuliahan
- Unggah Materi Perkuliahan
yaitu digunakan untuk memberikan file materi kuliah yang akan diunggah oleh dosen ataupun BAAK melalui website SIAKAD oleh mahasiswa. Dokumen materi bisa diupload berupa format file atau format link.
Langkah mengunggah file baru materi kuliah yang belum ada di mata kuliah sebagai berikut:
- pilih mata kuliah yang akan diupload materi
- klik button detail
- klik button new file atau new link
- masukkan file materi yang akan diunggah
- klik button save, data berhasil terupload
Data Unggah Materi Perkuliahan
Button Detail Unggah Materi Perkuliahan
Button New File atau New Link apabila ingin mengunggah materi kuliah berupa forma file data atau link
Form Upload Materi Perkuliahan
Apabila BAAK ataupun dosen sudah pernah menginput materi kuliah di data mata kuliah yang sama tidak perlu lagi menginput file baru materi, hanya perlu edit file materi kuliah yaitu Button Edit.
Langkah mengedit file materi kuliah sebagai berikut:
- pilih mata kuliah yang akan diedit file mater
- klik button edit
- pilih file materi yang akan diupload melalui SIAKAD
- klik button save, data berhasil terupload
Gambar Tahap 1
Gambar Tahap 2
- Absensi Perkuliaha
Absensi perkuliahan yaitu digunakan untuk mencatat kehadiran mahasiswa selama perkuliahan berjalan.
Form absensi kuliah meliputi Kode Mata Kuliah, Nama Mata Kuliah, Tanggal Pertemuan, Catatan (mencatat alasan mahasiswa apabila tidak hadir kuliah diantaranya sakit, ijin, atau alpa), dan Daftar Mahasiswa.
Daftar Absensi Perkuliahan
Langkah menginput absensi kuliah sebagai berikut:
- pilih salah satu mata kuliah yang akan diinput absensinya
- klik button detail
- klik button edit
- input form absensi kuliah selama tatap muka kuliah
- isi alasan di bagian catatan jika mahasiswa tidak hadir kuliah
- beri tanda centang setiap mahasiswa hadir mengikuti pembelajaran
Gambar dibawah ini menunjukkan langkah-langkah dalam menginput absensi perkuliahan.
Button Detail Absensi Perkuliahan
Form Absensi Perkuliahan
Button Navigasi tujuannya mengarahkan slide data.
--- Penilaian
- Setting Bobot Nilai yaitu digunakan untuk menyetting nilai mahasiswa. BAAK dapat menyetting nilai mahasiswa setelah dosen memberikan rekapan nilai UAS, UTS, Kehadiran, dan Tugas.
- klik button edit
- pilih daftar mata kuliah yang ingin diiput nilai mata kuliah
- klik save, data berhasil menyetting dan tersimpan
Daftar Setting Bobot Nilai
- Penilaian Per Mata Kuliah
digunakan untuk menginput data jumlah masing-masing nilai mata kuliah. Penginputan nilai tersebut dapat diproses oleh BAAK ataupun dosen mata kuliah.
- pilih mata kuliah untuk diinput nilainya
- klik button detail
- klik button edit untuk memasukkan data nilai mata kuliah
- masukkan nilai mata kuliah diantaranya kehadiran mahasiswa, nilai tugas, nilai UTS, nilai UAS pada form yang sudah disediakan.
- klik save, data berhasil input dan tersimpan
Daftar Nilai Per Mata Kuliah
- Penilaian KKP
yaitu input data nilai kuliah kerja praktek mahasiswa. BAAK maupun dosen dapat menginput nilai KKP mahasiswa melalui website SIAKAD dengan memasukkan form praktek lapangan, antara lain:
1. Tanggal KKP
2. Tempat KKP
3. Pembimbing 1
4. Pembimbing 2
3. Nilai Angka
- pilih nama mahasiswa untuk dimasukkan nilai KKP
- klik button detail
- klik button edit
- isi form praktek pengalaman
- klik save, data berhasil tersimpan
Daftar Penilaian KKP
Button Detail (mengupdate data) Penilaian KKP
Form Praktek Pengalaman Lapangan (KKP)
- Peniliaian KKL
yaitu digunakan untuk mendata nilai kerja lapangan kemudian akan diinput oleh BAAK melalui website SIAKAD.
Cara menginput nilai kerja lapangan sebagai berikut:- klik button edit
- masukkan nilai KKL mahasiswa
- pastikan semua data nilai KKL mahasiswa sudah terisi secara lengkap
- klik save, data berhasil ter-input dan berhasil
Nilai skripsi dapat diiput pihak BAAK melalui link SIAKAD guna untuk mempermudah mahasiswa melihat nilai skripsi tersebut. Sebelum BAAK menginput nilai skripsi melalui link SIAKAD, mahasiswa dapat melaporkan nilai skripsi ke bagian administrasi setelah mengikuti sidang skripsi dan mendapatkan nilai skripsi.
Cara menginput nilai skripsi melalui website SIAKAD:
- Pilih nama mahasiswa yang ingin di-input nilai skripsi
- Klik button detail guna untuk menampilkan form nilai skripsi
- Klik button edit
- Klik save, data nilai skripsi berhasil tersimpan
Data Penilaian Skripsi
Button Detail (mengupdate, menginput data) Penilaian Skripsi
Form Sidang Skripsi
--- Upload Informasi/Pengumuman
Informasi/pengumuman kuliah dapat diberikan sasaran pegawai, dosen dan mahasiswa melalui link SIAKAD.
Cara menambahkan informasi baru melalui website SIAKAD:
- Klik button new digunakan untuk menambahkan informasi terbaru
- Form Info Terbaru diisi secara lengkap (Judul,Isi Pengumunan, Sasaran {semua user, pegawai/dosen, mahasiswa}, Dokumen Path {file berupa pdf, excel, maupun word})
- Klik save, informasi dapat tersimpan dan dipublikasikan kepada sasaran yang bersangkutan melalui link SIAKAD
Button New (menambahkan informasi terbaru) Upload Informasi/Pengumuman
BAAK dapat mengupdate informasi yang sudah diupload melalui website SIAKAD akan menonaktifkannya. Cara mengupdate informasi sebagai berikut:
- Pilih salah satu informasi yang akan di setting
- Klik button detail
- Klik button edit
- Rubah informasi aktif menjadi non aktif atau tidak aktif
- Klik save, setting informasi dapat tersimpan
Button Detail (mengupdate informasi) Upload Informasi/Pengumuman
4. Laporan
--- Cetak Dokumen
- KRS Mahasiswa
Sebelum menampilkan KRS di layar komputer pastikan program studi dan kelas mahasiswa terisi. Program studi > strata satu akuntasi atau strata satu manajemen. Kelas > kelas A, B, C. Klik button reset.
Laporan Cetak KRS Mahasiswa
Cetak KRS Mahasiswa
yaitu digunakan untuk mempermudah mahasiswa melihat dan mengetahui daftar hadir mereka dalam bertatap muka pembelajaran di kelas. Mahasiswa juga mudah untuk mencetak kartu absensi melalui website SIAKAD.
Laporan Cetak Kartu Absensi
Tahap-tahap mencetak kartu absensi sebagai berikut:
- Pilih nama mata kuliah
- Klik button detail
- Cetak kartu absensi sesuai dengan periode tahun ajaran meliputi nama mahasiswa dan daftar pertemuan tatap muka pembelajaran
- Klik button download blank sheet
Button Detail Cetak Kartu Absensi
- Cetak Kartu UTS yaitu digunakan untuk mempermudah mahasiswa mencetak kartu ujian melalui website SIAKAD. Data tersebut diketahui bahwa apabila nama mahasiswa tertulis miring dan abu-abu menandakan bahwa persyaratan administrasi belum terpenuhi.
Cetak Kartu Ujian Tengah Semester
Sebelum kartu UTS tampil di layar website SIAKAD pastikan daftar periode tahun ajaran, program studi, dan kelas terisi terlebih dahulu. Langkah-langkah untuk menampilkan cetak UTS sebagai berikut:
- Pilih dan klik daftar periode tahun ajaran
- Pilih dan klik program studi (sesuai dengan program studi mahasiswa)
- Pilih dan klik kelas A,B,C (sesuai dengan kelas mahasiswa)
- Klik button reset
- Daftar cetak UTS mahasiswa dapat tampil di layar SIAKAD
Periode Tahun Ajaran
Daftar Periode Tahun Ajaran
Program Studi Cetak Kartu Ujian Tengah Semester
Daftar Program Studi Cetak Kartu UTS
Kelas A, B, C Kartu Ujian Tengah Semester
- Cetak Kartu UAS yaitu digunakan untuk mempermudah mahasiswa mencetak kartu ujian melalui website SIAKAD.
Data tersebut diketahui bahwa apabila nama mahasiswa tertulis miring
dan abu-abu menandakan bahwa persyaratan administrasi belum terpenuhi.
Sebelum kartu UAS tampil di layar website SIAKAD pastikan daftar periode
tahun ajaran, program studi, dan kelas terisi terlebih dahulu.
Langkah-langkah untuk menampilkan cetak UAS sebagai berikut:
- Pilih dan klik daftar periode tahun ajaran
- Pilih dan klik program studi (sesuai dengan program studi mahasiswa)
- Pilih dan klik kelas A,B,C (sesuai dengan kelas mahasiswa)
- Klik button reset
- Daftar cetak UTS mahasiswa dapat tampil di layar SIAKAD
Daftar Periode Tahun Ajaran
Program Studi Mahasiswa
Mencetak kartu UAS sangat mudah sekali melalui website SIAKAD yang sudah disediakan oleh BAAK. Cara mencetak kartu UAS hanya dengan cara klik button download sesuai dengan arah panah gambar dibawah ini.
Button Download Cetak Kartu UAS
- Daftar Hadir Ujian digunakan
untuk mencetak kartu hadir UTS maupun UAS yang berisi NIM, Nama Mahasiswa, Paraf dan Nilai.
Langkah-langkah cetak kartu daftar hadir ujian:- Klik menu laporan
- Klik sub menu cetak dokumen
- Klik daftar hadir ujian
- Pilih dan klik salah satu mata kuliah
- Klik button detail
- Klik button daftar hadir UTS dan button daftar hadir UAS
---- Pembayaran Kuliah
Menu administrasi pembayaran kuliah digunakan untuk data tagihan jatuh tempo biaya kuliah. Menu tersebut menyediakan penambahan data baru pembayaran kuliah gunakan button new sedangkan untuk mengupdate data yang sudah terinput gunakan button detail.
Di dalam sistem pembayaran kuliah diatur detail pembayaran biaya kuliah diantaranya biaya operasional dan biaya semester dan diketahui total tagihan biaya kuliah selama mahasiswa melakukan rutin biaya perbulannya.
Laporan pembayaran juga bisa diunduh melalui aplikasi SIAKAD dengan menggunakan button download.
Laporan Pembayaran Kuliah Mahasiswa
---- Laporan Akademik
- KHS Mahasiswa
yaitu digunakan untuk melihat kartu hasil studi mahasiswa. KHS mahasiswa juga dapat diunduh melalui aplikasi SIAKAD dengan peringatan mahasiswa telah memenuhi persyaratan administrasi kampus.
Apabila mahasiswa sudah memenuhi persyaratan administrasi, kartu hasil mahasiswa dapat diunduh gunakan button download yang sudah disediakan aplikasi SIAKAD.
Sebelum mengakses data kartu hasil studi dipastikan program studi dan kelas sudah terisi agar tampilan data kartu hasil studi mahasiswa dapat muncul dilayar aplikasi SIAKAD.
Program Studi dan Kelas KHS Mahasiswa
---- Data RPP, RPS, Kontrak & Materi Kuliah
Data
ini digunakan untuk mengunduh RPP, RPS, dan Kotrak Kuliah yang
nantinya secara otomatis akan mendokumentasi dalam sistem SIAKAD.
Dokumen RPP, RPS, Kontrak & Materi Kuliah format PDF maupun Word atau docx.
Data RPP, RPS, Kontrak & Materi Kuliah
---- Data Administratif (DIKTI)
- Biodata Mahasiswa
yaitu untuk mengetahui biodata mahasiswa diantaranya tempat tanggal lahir, alamat, nomor handphone, email, nama orang tua, dsb.
Data dapat diunduh melalui aplikasi SIAKAD agar bisa mendapatkan file biodata lengkap.
Menunjukkan Periode Biodata Mahasiswa
- Data Kelas Kuliah
Data ini digunakan untuk memfasilitasi dan mengetahui data kelas kuliah yang terdiri dari tanggal mulai efektif dan tanggal akhir efektif. BAAK atau dosen dan pegawai dapat mengunduh data tersebut.
Data Kelas Kuliah
- Data Kelas Dosen Ajar
digunakan untuk mengetahui rekapan data yang terdiri dari rencana tatap muka mahasiswa mengikuti pembelajaran dan realita tatap muka mahasiswa hadir mengikuti pembelajaran. Data tersebut dapat diunduh dengan cara klik download, kemudian data berhasil mengunduh berupa file excel.
Data Kelas Dosen Ajar
- Data Aktivitas Kuliah Mahasiswa
digunakan untuk melihat aktivitas mahasiswa selama melakukan tatap muka pembelajaran. Data aktivitas mahasiswa juga dapat diunduh melalui aplikasi SIAKAD.
Data aktivitas mahasiswa dapat diketahui antara lain:
- SKS Semester
- IP Semester
- SKS Kumulatif
- IP Kumulatif
- Status
- Kode Prodi
Data Aktivitas Kuliah Mahasiswa
- Data KRS Mahasiswa
yaitu digunakan untuk mendata nilai KRS mahasiswa untuk mata kuliah yang sedang ditempuh. Data KRS mahasiswa isinya adalah NIM, Nama Mahasiswa, Semester, Mata Kuliah, Kelas, dan Kode Prodi dan data ini dapat diunduh melalui aplikasi SIAKAD gunakan button download.'
Data KRS Mahasiswa
Button Download Data KRS Mahasiswa
- Data Nilai Mahasiswa
yaitu mengelola data nilai mahasiswa. Data nilai merupakan input dari KRS yang sedah ditempuh oleh mahasiswa selama per semester. Data tersebut dapat diunduh menggunakan button download melalui aplikasi SIAKAD.
Data Nilai Mahasiswa
---- Monitoring
- Progress KRS Monitoring
Bagian administrasi akademik melakukan pemantauan atau monitoring progress KRS Mahasiswa bahwa dosen mata kuliah tersebut sudah diisi oleh mahasiswa berjumlah berapa dan apabila jadwal kelas per dosen tersebut sudah full maka website tersebut otomatis memberitahukan kepada mahasiswa.
Data Progress KRS Mahasiswa
- Laporan Kepuasan Mahasiswa
yaitu hasil data kuesioner yang sudah diisi oleh mahasiswa. Hasil kuesioner tersebut akan diupload melalui website SIAKAD dan akan dimonitoring BAAK melalui laporan kepuasan mahasiswa. Hasil laporan tersebut juga bisa di download dengan cara klik button detail > button download.
Data Laporan Kepuasan Mahasiswa
---- Informasi / Pengumuman Baru
BAAK memberikan fasilitas melalui aplikasi SIAKAD yaitu informasi / pengumuman terbaru. Penambahan informasi baru disetting dimenu Administrasi > Upload Informasi Pengumuman. Selanjutnya akan ada form info terbaru yakni judul, isi, sasaran user (informasi yang akan diupload diberikan sasaran dosen, mahasiswa, BAAK, atau Ka Prodi), dokumen. Apabila pengumuman berhasil terupload di aplikasi SIAKAD maka sasaran user yang sudah ditentukan tersebut dapat melihat hasil informasi di menu informasi.
Informasi / Pengumuman Terbaru